Not seeing a Scroll to Top Button? Go to our FAQ page for more info.

Tuesday, 7 July 2015

INDAH PESONA PANORAMA WISATA SITU PATENGGANG DI BANDUNG SELATAN

Siapa yang tak mengenal Situ Patenggang yang adalah tempat wisata yang terkenal indah panoramanya terletak di Bandung Selatan berupa sebuah danau. Danau terletak di ketinggian lebih dari 1.600 meter di atas permukaan laut ini memiliki pesona panorama alami yang asri serta sejuk dengan perkebunan teh di sekitarnya. Danau dengan luas sekitar 45.000 hektar ini merupakan bagian dari cagar alam yang mempunyai luas lebih dari 123.000 hektar.

indah-pesona-wisata-situ-patenggang-bandung

image:http://anekatempatwisata.com/wp-content/uploads/2014/08/kebun-teh-Situ-Patenggang.jpg

Asal nama dari Situ Patenggang itu sendiri berasal dari bahasa Sunda yaitu ‘situ’ yang artinya danau, dan ‘pateangan-teangan’ yang berarti saling mencari. Mitos yang tersebar perihal Situ Patenggang yang menceritakan tentang cinta Ki Santang dan Dewi Rengganis yang telah berpisah sangat lama. DiKarenakan cinta mereka yang sangat dalam, mereka berdua pun saling mencari sampai pada akhirnya bertemu di suatu tempat yang sekarang dikenal dengan sebutan ‘Batu Cinta’. Setelah keduanya bertemu kembali, Dewi Rengganis meminta kepada Kisantang untuk dibuatkan danau dan perahu agar mereka dapat berlayar bersama. Pada saat ini, perahu tersebut sudah dianggap telah berubah menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati bernama Pulau Asmara atau sering disebut Pulau Sasaka. Menurut cerita rakyat yang berkemang didaerah setempat, pasangan yang datang ke batu cinta dan pergi berkeliling pulau asmara akan memiliki cinta yang abadi, percaya atau tidak karena semua adalah mitos.

Berwisata ke Situ Patenggang Tak perlu khawatir, karen destinasi wisata tersebut memiliki sarana wisata yang memadai, di antaranya: Gazebo, Toilet, Mushola, Penginapan, Area parkir, Penyewaan perahu, Sepeda air, Toko buah, Toko souvenir, Rumah makan, Perahu angsa dan lain sebagainya.

Lokasi wisata Situ Patenggang tak pernah sepi dari pengunjung selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap akhir pekan. Situ Patenggang ini terletak di Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat. Danau yang berlokasi berdekatan dengan Kawah Putih ini dapat dicapai dengan lama perjalanan sekitar 2 jam dari kota Bandung. Biasanya wisatawan akan mengunjungi kedua tempat ini sekaligus karena hanya berjarak sekitar 10 menit.

Untuk Menuju ke area wisata danau ( Situ Patenggang ) paling terkenal di Bandung dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan rute perjalanan dari Jakarta menggunakan tol ke Bandung kemudian keluar dari pintu tol Kopo dan mengarah ke: Soreang – Ciwidey – Situ Patenggang. Namun, jika ingin menggunakan kendaraan umum maka dapat menggunakan kendaraan umum Terminal Leuwi Panjang Bandung yang menuju ke Terminal Ciwidey. Selanjutnya sampai di Terminal Ciwidey, dapat menggunakan angkot yang mengarah ke Situ Patenggang.

Kisaran biaya yang dikeluarkan tidak terlalu menguras kantong dengan membayar harga tiket masuk harga per orang: Wisatawan lokal: Rp. 15.000 Wisatawan asing: Rp. 50.000 Untuk kendaraan, tarif masuknya adalah: Motor: Rp 3.500 Rupiah Mobil: Rp. 11.500 Bus: Rp. 22.000 Tarif lain-lain: Penyewaan perahu per perahu: Rp. 150.000 Penyewaan perahu per orang: Rp. 15.000 Perahu angsa: Rp. 40.000 Penyewaan tikar: Rp. 10.000 Penginapan: Rp. 600.000 Harga tersebut dapat berubah tergantung waktu kunjungan (akhir pekan atau hari kerja) serta kegiatan tawar menawar harga, jadi bukan patokan harga yang baku di kawasan wisata situ patenggang tersebut.

"Baca juga pesona wisata danau toba tongging simalem"



Referensi http://anekatempatwisata.com/wisata-bandung-situ-patenggang/

INDAH PESONA PANORAMA WISATA SITU PATENGGANG DI BANDUNG SELATAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin blog

0 comments:

Post a Comment