Not seeing a Scroll to Top Button? Go to our FAQ page for more info.

Friday, 3 July 2015

WISATA AIR TERJUN SEKUMPUL BALI

Wisata air Terjun Sekumpul merupakan air terjun paling indah di Bali dengan ketinggian 80 meter. Letaknya cukup berdekatan dengan Air Terjun Lemukih, perkiraan berjarak hanya 2 km. Hal itu bisa dimaklum, Desa Sekumpul dan Desa Lemukih bertetangga. Untuk menyaksikan keindahan Air Terjun Sekumpul dari dekat, diperlukan sedikit usaha dan perjuangan. Dari tempat parkir, harus berjalan kaki cukup jauh, menyusuri jalan yang tanah, menuruni ratusan anak tangga, kemudian menyeberangi sungai. Apabila mengendarai sepeda motor, masih bisa dinaiki dari tempat parkir, sampai ke ujung jalan paving blok. Setelah menyusuri jalan paving habis, maka jalanan pun berganti menjadi jalan tanah yang sempit (jalan setapak). Tak perlu menunggu lama ketika menyusuri jalan setapak, sampailah di sebuah bale bengong (gazebo) dengan pemandangan Air Terjun Sekumpul yang mempesona.

"Baca juga wisata air terjun lemukih"

wisata air terjun sekumpul bali
Dari bale bengong tersebut, akan nampak Air Terjun Sekumpul yang sangat cantik dari kejauhan. Yang membedakan air terjun sekumpul berbeda dari air terjun lainnya dipulau dewata, yakni Air Terjun Sekumpul tidak hanya terdiri dari satu atau dua air terjun. Ada tujuh air terjun yang letaknya terpisah-pisah dan berjauhan, yang hanya bisa lihat dari bale bengong tersebut. Dari ketujuh air terjun tersebut tersebar terpisah di tebing-tebing yang tinggi dan dikelilingi pepohonan hijau yang menyejukkan mata. Ketujuh air terjun tersebut memiliki bentuk dan ketinggian yang berbeda-beda pula. Tidak salah kalau Air Terjun Sekumpul dinobatkan sebagai air terjun terindah di Bali.

Dari ketujuh air terjun sekumpul namun hanya dua air terjun yang bisa disambangi lebih dekat. Uniknya lagi, dari dua air terjun yang posisinya berdampingan tersebut memiliki ketinggian dan debit air berbeda pula. Dua air terjun tersebut berasal dari dua sumber mata air yang berbeda. Air terjun di sebelah kiri bersumber dari mata air sedangkan air terjun di sebelah kanan (yang lebih tinggi) bersumber dari sungai. Pada musim hujan, air terjun di sebelah kiri tetap bening sedangkan air terjun di sebelah kanan akan berwarna coklat keruh. Untuk menyaksikan Air Terjun Sekumpul lebih dekat lagi, harus menuruni ratusan anak tangga yang curam di beberapa tempat hingga menyeberangi sungai, tetapi medan yang dilalui akan segera terbayar lunas setelah menyaksikan keindahannya.

Akses menuju air terjun sekumpul
Sebaiknya ketika akan mengunjungi Air Terjun Sekumpul dianjurkan setelah mengunjungi Air Terjun Lemukih, karena Air Terjun Sekumpul jaraknya hanya sekitar 2 km dari Air Terjun Lemukih, jadi sangat disayangkan jika terlewatkan. Dari Air Terjun Lemukih perjalanan dilanjutkan menuju Desa Sekumpul. Setelah akan melihat penunjuk arah ke Air Terjun di sebelah kanan jalan, selanjutnya beloklah ke kiri sejauh 1 km dan sampailah di tempat parkir Air Terjun Sekumpul. Kemudian, cukup berjalan kaki untuk mencapai air terjun Sekumpul tersebut.